Senin, 10 Juni 2013

Jumlah Nabi dan Rosul

Sesungguhnya jumlah Nabi dan Rosul sangat banyak. Namun yang tersebut dalam Al-Qur'an dan wajib kita imani sebanyak 25 orang Nabi/Rosul. Mereka adalah :




  1. Adam a.s.
  2. Idris a.s.
  3. Nuh a.s.
  4. Hud a.s.
  5. Shaleh a.s.
  6. Ibrohim a.s.
  7. Luth a.s.
  8. Isma'il a.s.
  9. Ishak a.s.
  10. Ya'qub a.s.
  11. Yusuf a.s.
  12. Syu'aib a.s.
  13. Ayub a.s.
  14. Zulkifli a.s.
  15. Musa a.s.
  16. Harun a.s.
  17. Dawud a.s.
  18. Sulaiman a.s.
  19. Ilyas a.s.
  20. Ilyasa' a.s.
  21. Yunus a.s.
  22. Zakariya a.s.
  23. Yahya a.s.
  24. Isa a.s.
  25. Muhammad saw.
Masih banyak nabi dan rosul lainnya ang tidak di kisahkan dalam Al-Qur'an. Sebagaimana firman Allah dalam Surat An-Nisa ayat 164, yang artinya :
"Dan Kami telah mengutus rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu." (QS. An-Nisaa, 164)

Nabi dan Rosul Allah swt tidak sama kedudukan dan keutamaan mereka. Allah telah melebihkan derajat sebagian nabi dan rosul atas sebagian yang lain. Allah swt. berfirman, " Rosul-rosul Kami lebihkan sebagian mereka atas sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang Allah berkata-kata (langsung dengan dia), dan sebagiannya Allah meninggikannya beberapa derajat (Al-Baqarah, 253).

Nabi Muhammad saw. adalah Nabi akhir zaman, keberadaannya untuk menyempurnakan risalah dan syari;at Illahiyah dari para Nabi dan Rosul sebelumnya. Allah swt. berfirman : 
Artinya : "Muhammad sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antaramu, tetapi dia adalah Rosululloh dan penutup nabi-nabi" (QS. Al-Ahzab : 40).

0 comments:

Posting Komentar